Asal-Usul Penziarahan Kapal Bosok di Curug Kota Serang Banten

Assalamualaikum wr.wb

Kalian pasti sudah tau dan mendengar nama kapal bosok terutama warga serang.Tempat wisata religi ini memang unik kita dengar.Kapal bosok diambil dari bahasa  jawa yang berati kapal busuk .Mungkin kalian ada yang sudah berkunjung kesana untuk berziarah apa untuk sekedar liat-liat.Saya juga tidak mau ketinggalan untuk bekunjung ke wisata religi yang sedang  populer diserang.




Tapi apakah kalian tahu sejarah kapal bosok?
Jika belum saya akan berbagi tentang sejarahnya.Yuk mari simak pembahasannya .

Sejarah Kapal Bosok






Nama kapal bosok adalah suatu nama yang menunjuk kepada sebuah makam yang didalamnya terdapat kuburan seseorang yang terkenal karena kesaktiannya.Yaitu bernama Ki Angga Derpa .Karena dia dikenal sebagai tokoh yang sakti karena karohma-Nya didapatkan dari Allah.Dia diminta mengumpulkan kayu bakar untuk keperluan hajatan pernikahan putri Sultan Banten .

Namun Ki Angga Derpa justru membawa kayu besar langsung ditarik dengan pundaknya sendiri.Karena kesaktiannya ia mampu mencabut pohon tersebut dan langsung membawa kerumah sultan.Tetapi rupanya Ki Angga Derpa tidak tahu bahwa pohon yang ia cabut itu ada sebuah lubang pada batang pohon yang keropos ,ternyata lubang tersebut ada penunggu yaitu harimau yang sedang bersembunyi.Sehingga pohon tersebut dijatuhkan oleh Ki Angga Derpa ,harimau pun keluar dan memasuki dalam pesta pernikahan sultan dan mengacaukan acara tersebut.

Sang Sultan pun sangat marah dan menghukumnya dengan cara mengikat disebuah kapal pelabuhan setempat.Berkat karomahnya sebagai wali,Ki Angga Derpa berjalan hingga menarik kapal yang terikat dengan badannya,lalu ia beristirahat kesebuah kampung yang bernama Drangong,kelurahan Curug Manis hingga akhir hayatnya.Ceritapun langsung tercatat,kapal sang wali bersemayam hingga membusuk dan penduduk setempat memanggilnya dengan nama "Kapal Bosok" yang diambil dari bahasa jawa,artinya adalah kapal busuk.Itulah asal usul cerita kapal bosok Serang,Banten.


Itu saja cerita singkatnya ,Kita Sempatkan untuk berkunjung dan mendoakan Ki Angga Derpa,terutama warga Serang Banten.Terima kasih yang sudah berkunjung membaca.

Wassalamualikum wr.wb

4 Responses to "Asal-Usul Penziarahan Kapal Bosok di Curug Kota Serang Banten"

  1. hoo, coba difoto dalam masjidnya mbak. penasaran

    ReplyDelete
  2. @fajar herlambang dalemnya masjid mas tempat ibadah jadi ada 3 tingkat,aku sh waktu didalam nggak sempet fotoin karena rame banget waktu itu.

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada Penziarahan Kapal Bosok. Kalo ke Banten boleh nih melancong kesini...

    ReplyDelete
  4. itu juga belum lama diresmiinnya mas,Iya dateng aja lsngsung klo ke Banten.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel