Pengalaman berkunjung ke Wisata Religi dan sejarah di Gunung Santri


Assalamualaikum wr.wb

Bagi warga Bojonegara,Cilegon,dan sekitarnya mungkin tidak asing ya mendengar nama Gunung Santri.Bahkan nama Gunung Santri juga dikenal oleh penjuru penziarah diluar selain daerah Banten.Tempat ini sangat ramai dikunjungi pada bulan Maulid,Ramadhan,selepas Idul Fitri dan menjelang musim Haji.


Gunung Santri Bojonegara

Bentuknya Sebuah bukit,tapi sebagian besar masyarakat menyebutnya Gunung Santri.Tempat ini terletak di Desa Bojonegara ,cilegon,Banten.
Sebelah barat laut pantai utara Banten,dari kota Cilegon,atau tidak jauh dari pelabuhan lama Banten.Salah satu objek wisata sejarah ini memiliki nilai religius.

Untuk mencapai puncak Gunung Santri ,harus benar-benar butuh tenaga,dikarenakan jalannya berkelok-kelok .Tak terasa keringat bercucuran ditambah saat itu cuaca sangat terik.Kaki terus dipaksa  untuk mencapai puncak bukit yang berada di Gunung Santri.Memang tingginya tak setinggi gunung-gunung lainnya yang berada diBanten dan Jawa Barat.Namun perjalanan menuju puncak sangat melelahkan.
Bayangkan,penziarah harus mendaki melalui tangga yang disemen permanen dan jalur yang meliuk-liuk disepanjang jalan .

Para penziarah juga banyak yang membawa rombongannya,keluarga besar dari yang sudah tua sampe tak ketinggalan anak-anak kecil juga ikut semangat mencapai puncak untuk berziarah.

Rikkakakawaiikawaii.blogspot.com

Maka dari banyak sekali para penziarah menghentikan langkahnya untuk beristirahat sejenak karena otot kaki yang mulai mengejang.Para penziarah bisa beristirahat dengan membeli minuman dan duduk di amben atau bale dalam bahasa jawa.

Sesudah mencapai puncak yang dituju kita langsung untuk berziarah .

Makam di Gunung Santri

Makam Puncak Gunung Santri


Meskipun sangat lelah untuk ditempuh ,ini bukanlah penghalang bagi para pengunjung .Karena alasannya dipuncak Gunung tersebut terdapat beberapa makam para pemuka Agama Islam dengan keilmuan yang tinggi.

Yang pertama adalah makam Syeikh Muhammad Sholeh bin Abdurrohman yang wafat pada tahun 1550 Masehi/958 Hijriah.Semasa hidup Syeikh Muhammad Sholeh dikenal sebagai orang yang sangat sederhana dengan hidup bertani.Selepas berguru pada Sunan Ampel,ia menjadi seorang Ulama yang memiliki kesabaran tinggi dan menduduki derajat kewalian tinggi.Selain berdakwah untuk menyebar Agama Islam,ia mengawal serta melindungi Sultan Hasanuddin,putra Gunung Jati.

Selain Makam tersebut dipuncak Gunung Santri juga terdapat Makam Syeikh Maulana Malik Isroil bin Abul Hasan Asy Syadzili yang wafat pada yahun 1435 M.Beliau adalah ulama yang berasal dari Turki dan diutus oleh Sultan Muhammad 1 sebagai anggota Wali songo pertama yang menyebarkan ajaran Agama Islam di Cilegon,Banten.
Syeikh Maulana Malik Isroil juga merupakan guru besar Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah),Sunan Giri (Maulana 'Ainul Yakin),serta Sunan Demak (Raden Fatah).Ketiganya dididik sebagai persiapan menjadi raja.

Yang terakhir,Dipuncak gunung ini juga terdapat makam seorang ulama asal Persia (Iran) yang bernama Maulana Muhammad Ali Akbar ia dikenal sebagai ahli dalam bidang pertanian sekaligus pengobatan,serta menyebarkan Ajaran Islam diJawa Tengah.

Mata pencaharian penduduk sekitar dan lahan untuk bersedekah


Keberadaan Makam Waliullah di Gunung Santri menjadi keuntungan bagi penduduk setempat.Kebanyakan penduduk mengandalkan mata pencaharian dalam berdagang berjajaran dari mulai pintu masuk hingga ke puncak gunung.Dari mulai berjualan minuman,makanan seperti bakso,mie ayam,gado-gado dan masih banyak lainnya.Tak ketinggalan juga makanan khas seperti rempeyek .Bahkan ada juga yang menjual suvenir Gunung Santri ,dari mulai kaos,kopiah,dan sebagainya.

Selain itu kalian juga jangan kaget jika berkunjung disini ,karena disepanjang jalan menuju puncak Gunung Santri dipadati puluhan pengemis,serta kotak amal .Ada juga yang ditunjukkan untuk anak yatim dan pembangunan Masjid.Tentu ini peluang bagi kalian yang ingin menebar sodakoh dan Mengharap ridho Allah.

Silahkan berkunjung ke Gunung Santri jika kalian penasaran.Itu saja cerita pengalaman ku .

Wassalamualikum Wr.Wb

3 Responses to "Pengalaman berkunjung ke Wisata Religi dan sejarah di Gunung Santri"

  1. berziarah dan mengirim doa untuk para almarhum ulama tentu sangat baik, apalagi ke gunung santri yang memang udah top ke seantero Jawa barat khususnya Banten dan Cilegon....

    hari selasa kebetulan saya jalan-jalan ke Mall paling gede di Cilegon bersama keluarga, saat berdiri di gedung mall, tak cari gunung santri nggak kliatan yah

    ReplyDelete
  2. @Mang lembu ya pasti gak kliatan klo dari Mall Center ,soalnya kan Gunung Santri masuk Bojonegaranya.

    ReplyDelete
  3. Bisa msuk daftar destinasi wisata selanjutnya nih..... Cilegon terdengar sangat menarik untuk dikunjungi.. kebetulan saya belum pernah menginjakkan kaki di Cilegon.. semoga suatu hari bisa kesana

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel