Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Negri Lempur"

Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Negri Lempur"


Dahulu,disebuah hutan balantara,berdiri kerajaan pamuncak Tiga Kaum.Kerajaan itu diperintah oleh tiga bersaudara,yaitu Pamuncak Rencong TAlang,Pamuncak Tanjung,dan Pamuncak Koto Tapus.

  Pada suatu ketika,hasil panen rakyat diwilayah kekuasaan Pemuncak Rencong Talang sungguh melimpah.Pamuncak Rencong Talang bermaksud mengadakan pesta panen dengan mengundang kerabat dan keluarganya.Karena itu tidak bisa hadir,maka Pamuncak Tanjung seri mengutus istri dan kedua anaknya.


   Singkat cerita,mereka telah sampai dinegeri Pamuncak Rencong Talang.Hari kedua dan pesta panen pun tiba.Telah dirundingkan bahwa pesta akan diadakan selama tiga hari malam.Pada malam ketiga itu,hadirlah anak dara dari pamuncak Tanjung seri,yang menjadi incaman para pemuda .
   Hari telah benar-benar larut.Akhirnya, si ibu gadis itu mengajak anaknya pulang,Namun gadis itu tidak mengacuhkan panggilan ibunya .
   Ada seorang pemuda didekatnya bertanya kepada gadis itu,siapa perempuan tua yang memanggilnya itu?Mendengar pertanyaan itu,maka gadis itu menjawab ,"oo..,perempuan itu adalah pembantu saya ."
  Sakit hati sang ibu mendengar hal itu .Keesokan harinya,mereka pulang.Dikisahkan ketika rombongan itu tiba didaerah anatara Pulau Sangkar dan Lolo yang berawa dan berlumpur.
Maka berdoalah istri Pamuncak Tanjung Sari kepada Tuhan,agar anaknya yang durhaka itu ditelan oleh rawa lumpur.Rupanya doa itu dikabulkan oleh Tuhan.Sidara itu terjerat kakinya oleh rawa yang berlumpur itu sehingga ia terbenam makin dalam.Ia menngis dan meminta tolong kepada ibu dan pengawainya.Namun,ibunya tiada mengacuhkan.
"Aku bukan ibumu,Aku hanyalah pembantumu."
   Sigadis itu terus juga meraung sambil berkata,"Tolong ...,tolooong ibu,Aku tidak akan durhakalagi kepadamu.Maafkanlah aku,ibu ."
  Ibunya tak mau mendengar permintaan anaknya itu.Malah ia mengambil gelang dan selendang jambi yang dipakai anaknya.
  Setelah kejadian itu,negeri itu dinamai oleh penduduknya dengan nama Lempur yang berasal dari kata Lumpur.
   Sementara itu,gelang tersebut dibuang disebuah tebat,sehingga tebat tersebat dinamakan Tebat Gelang .Kemudian,kain panjang Jambi dibuang pula kedalam tebat lainnya,sehingga tebat itu diberi nama Tebat Jambi.

Sumber : Optima picture,Tim,101 Cerita Nusantara,Surabaya:Pustaka Agung Harapan 2002

0 Response to "Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Negri Lempur""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel