Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Cendrawasih"

Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Cendrawasih"


 Dahulu,ada seorang perempuan tua hidup bersama seekor anjing betina dipegunungan Bumberi,Fak-fak .suatu hari mereka mencari makanan kehutan.Mereka sampai disuatu tempat yang ditumbuhi pohon pandan sedang berbuah.Perempuan tua itu mengambil buah dan memeberikannya kepada anjing betina.Dengan lahapnya,anjing betina itu memakan buah pandan itu .
   Mendadak perut anjing itu hamil dan melahirkan seeokor anak anjing .Tidak lama kemudian,perempuan tua memakan buah pandan.ia pun hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama kweiya.Setelah kweiya dewasa,ia membuka ladang baru dihutan itu.Peralatan yang dipakainya hanya kapak batu yang berbentuk pahat.



  Pada suatu hari ketika kweiya sedang menebang pohon,tiba-tiba ada seorang pria mebdekatinya.Selanjutnya pria itu memberikan kapak besi kepada kweiya.Dengan alat itu,kini ia dapat menebang pohon dengan cepat.
   Beberapa tahun kemudian lahirlah beberapa anak.Anak-anak itu dianggap sebagai adik-adik kweiya.Namun,eratnya persaudaraan mereka bertiga makin hari makin memudar gara-gara rasa iri kedua adiknya.
   Pada suatu hari,mereka mengeroyok kweiya.Perkelahian yang tak seimbang itu menyebabkan tubuh kweiya mengalami luka-luka .Adik perempuan yang paling bungsu menceritakan pengeroyokan itu pada kedua orang tua mereka.
   Tiba-tiba terdengar suara yang berbunyi .Sambil menjawab,kweiya yang berubah menjadi burung menyisipkan benang pintalannya pada kakinya lalu meloncat-loncat diatas rumah dan berpindah kedahan pohon dekat rumahnya .Ibunya menangis sambil meminta bagian untuknya.
   Maka sejak itulah burung cendrawasih ada didunia .Bagaimana cara membedakan burung cendrawasih jantan dan betina ? Burung cendrawasih jantan selalu berbulu panjang dan disebut siangga,Burung cendrawasih betina bulunya pendek dan disebut Hanggam Tombor.


Sumber : Rahimsyah.MB,kumpulan Cerita Rakyat Nusantara,Surabaya : Karya Agung 2003

0 Response to "Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Cendrawasih""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel