Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Batu Kuwung"

Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Batu Kuwung"


Dahulu,ada seorang saudagar yang kaya raya.Saudagar ini perilakunya buruk.Ia sombong dan kikir.Karena budi pekertinya yang buruk penduduk desa sangat membencinya .

Pada suatu hari,sang Saudagar kedatangan seorang pengemis berkaki pincang meminta makanan.Bukannya memberi,Saudagar itu malah menghardik dan mencaci maki ."Enak saja kamu minta-minta.Kau kira hartaku ini milik nenek moyangmu,sudah ,pergi sana!"
 Sipengemis didorong oleh saudagar hingga jatuh tersungkur.Mendapat perlakuan seperti itu,si pengemis pun marah .


 "Dasar nanusia sombong! Tunggulah,sebentar lagi kau akan mendapat balasan akibat perbuatanmu ini!" Kata si Pengemis sambil bangkit berdiri kemudian pergi tanpa menoleh lagi.

asal mula batu kuwung


 Keesokan harinya,ketika Saudagar bangun dari tidur,kedua kakinya sulit digerakkan.Ia perintahkan kepada pengawainya mencari tabib,dukun atau orang sakti untuk mengobati penyakitnya .Namun,tak satupun orang pintar yang berhasil mengobatinya.Saudagar itu pun berjanji bahwa ia akan memberikan setengah dari harta kekayaannya ,kepada siapa saja yang dapat menyembuhkan penyakitnya .Mendengar hal itu,si Pengemis berkaki pincang itu datang kembali dan menjelaskan hal itu,ia menjelaskan apa yang terjadi penyebab lumpuhnya kaki saudagar tersebut .

 "Musibah yang menimpa dirimu disebabkan oleh sifatmu yang sombong dan kikir.Ada beberapa syarat jika kau ingin sembuh.
Pertama,harus rendah hati dan pemurah.Kedua,pergilah bertapa diatas batu cekung selama tujuh hari dan tujuh malam.Ketiga,penuhi janjimu untuk membagi separuh kekayaan kepada orang miskin disekitar rumahmu".


0 Response to "Cerita Rakyat Nusantara "Legenda Asal Mula Batu Kuwung""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel